Framework Laravel Lebih Diminati Karena Developer Friendly - CRUDPRO

Framework Laravel Lebih Diminati Karena Developer Friendly

Benarkah permintaan framework PHP Laravel semakin meningkat? Ada peningkatan kebutuhan akan situs web yang cepat dan mudah dikelola. Dan PHP adalah salah satu bahasa pemrograman terpopuler yang bisa melakukan itu. Ketika ditanya tentang framework PHP favorit dari 6,1 juta developer PHP di seluruh dunia, mereka pasti menjawab Laravel!. Ya, Laravel adalah kerangka kerja yang memanfaatkan PHP untuk membangun situs web yang kuat, Kehadirannya di tengah kebutuhan industri dan start-up yang mencari cepat dan dinamis.

Tidak mengherankan, pengembang PHP telah menjadi salah satu profesional paling populer dari perusahaan. Bahkan, beberapa perusahaan rela mengeluarkan $94.000 setahun (setara dengan Rp1 miliar) untuk menyewa developer PHP. Masih tidak yakin apakah framework PHP Laravel menjadi semakin populer? Anda telah datang ke tempat yang tepat. Yuk scroll lebih jauh untuk melihat penjelasannya.

Laravel membangun lebih dari 1 juta situs web

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 3000 perusahaan yang mengalihdayakan situs web ke Laravel dan 1 juta situs? Tidak main-main, perusahaan-perusahaan ini adalah sumbu dari berbagai jenis industri. Mulai dari teknologi, memasak, hiburan, dan lainnya. Mungkin Anda sudah familiar dengan beberapa website Laravel ini :

1. Liputan6

Niche: Situs berita Lalu lintas per bulan: lebih dari 67 Juta Portal berita ini sangat terkenal di Indonesia. Situs Liputan6 adalah sumber informasi yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai widget dan format konten, termasuk topik populer, infografis, dan layanan streaming langsung.

2. 9GAG

Niche: Hiburan Lalu lintas per bulan: lebih dari 124 juta

9GAG adalah salah satu situs komedi online yang paling banyak dikunjungi di dunia. Situs web ini menggunakan sistem UGC (User Generated Content) untuk membuka pintu bagi pengguna untuk mengunggah atau membagikan meme dengan mudah.

3. Bitpanda

Niche: FinTech Lalu lintas per bulan: lebih dari 1,8 juta

Bitpanda adalah broker cryptocurrency yang menawarkan transaksi Bitcoin. Dapat diandalkan oleh lebih dari satu juta investor, Bitpanda melonjak 200% dari tahun ke tahun dalam volume perdagangan. Tergantung pada kecepatan, keamanan, dan kenyamanan, seluruh proses perdagangan aset digital di sini dijamin sepenuhnya.

Itulah beberapa contoh situs web terkenal yang dibuat dengan Laravel. Pertanyaan selanjutnya, mengapa Laravel begitu populer? Temukan jawabannya pada pembahasan selanjutnya.

Mengapa Laravel begitu populer?

Laravel adalah kerangka kerja PHP yang sangat berguna untuk proyek Anda karena telah menjadi populer dalam proses pengembangan dan memiliki fitur yang berguna.
Nisarg Mehta, CEO Techtic Solutions, Inc.

Laravel memimpin pangsa pasar pengguna kerangka kerja PHP dengan pangsa pasar 43%. Jadi apa yang membuat kerangka kerja ini begitu populer?

Tentu saja jawabannya adalah Laravel memiliki banyak fitur. Mari kita lihat fitur-fitur ini dari perspektif perusahaan atau pengembang.

Mengapa ribuan perusahaan memilih situs web Laravel?

Setiap perusahaan menginginkan yang terbaik untuk situs web mereka. Dan Laravel dapat melakukannya dengan pertimbangan berikut:

1. Memberikan fleksibilitas yang lebih baik

Selain Laravel, Anda dapat membuat situs web dengan berbagai opsi CMS. Misalnya, WordPress. Nah, WordPress sudah cukup untuk membangun situs web yang fungsional. Namun, karena dirancang agar mudah digunakan, platform ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan situs web umum.

Laravel, di sisi lain, memiliki keuntungan bahwa Anda dapat membuat situs web khusus sesuai kebutuhan. Ini juga menangani perubahan lalu lintas, data, dan fitur yang berbeda untuk setiap bisnis.

Bukankah aneh kalau website Laravel bisa menampung berbagai disiplin ilmu industri?

2. Efisiensi waktu

Laravel dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan situs web perusahaan Anda. Kerangka kerja ini mendukung arsitektur micro-service, jadi ini merupakan pendekatan untuk mengembangkan aplikasi di beberapa bagian.

Dengan begitu, Anda tidak perlu merombak seluruh aplikasi, sehingga Anda dapat melakukan perubahan situs web secara cepat, seperti menambahkan fitur. Tentu saja, ini juga mencegah seluruh sistem mogok jika terjadi kegagalan sebagian.

3. Memproses data sensitif dengan aman

Tahukah Anda bahwa kerugian perusahaan bisa mencapai rupiah? 19 miliar dari serangan hacker? Oleh karena itu, keamanan situs web sangat penting. Nah, disinilah Laravel berperan penting.

Laravel memungkinkan Anda menemukan dan mengatur rute Anda sendiri untuk menangani permintaan pengunjung. Dengan kata lain, Anda benar-benar tahu di mana dan bagaimana mengelola semua data Anda seperti nama pengguna dan kata sandi.

Akibatnya, perusahaan yang secara rutin bergumul dengan informasi sensitif dapat menjalankan bisnisnya dengan aman dari kejahatan dunia maya.

4. Dapat memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna

Delapan puluh delapan persen pembeli online menolak untuk kembali ke situs web yang memiliki pengalaman buruk. Dimulai dengan pemuatan yang lambat, web yang tidak responsif, dan fungsionalitas yang tidak memadai.

Jika ini terjadi, pembelian produk bisa gagal dan bahkan perusahaan bisa mendapatkan hingga $2,6 juta per tahun.

Untungnya, Laravel dapat meminimalkan potensi kerugian yang disebutkan di atas. Dengan Laravel, situs web Anda dapat menangani lalu lintas dengan lebih baik dan memanfaatkan fitur yang Anda butuhkan. Misalnya, sistem otentikasi, gateway pembayaran, dll.

Tidak hanya itu. Anda juga dapat dengan bebas menyesuaikan cara kerja semua fungsi. Hal yang hebat adalah bahwa situs web tetap ringan dan ramah pengguna, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

Ini adalah lebih dari 9 alasan pengembang jatuh cinta dengan Laravel

Banyak pengembang memilih Laravel karena kesederhanaannya. Taylor Otwell, pendiri Laravel, mengatakan:

"Ketika saya menyadari bahwa beberapa batasan di sana memaksa saya untuk menulis kode yang lebih buruk, saya menyadari bahwa saya harus meninggalkan CodeIgniter."

Sekarang, tidak seperti framework PHP lainnya, Laravel menawarkan banyak kemudahan. Apa itu kenyamanan? Temukan jawabannya di bawah ini:

1. Mulai proyek Anda dengan mudah dan berikan feedback

Laravel adalah sumber terbuka. sourece codenya disimpan di Github dan mudah diakses oleh siapa saja. Pengembang perlu mengunduhnya dan membuat kerangka kerja untuk proyek baru mereka.

Sebagai open source gratis, ini juga memudahkan pengembang untuk memodifikasi Laravel agar sesuai dengan kebutuhan proyek mereka. Tidak hanya itu, pengembang dapat membantu mengembangkan kerangka kerja ini jika mereka memiliki kemampuan untuk menemukan dan menambahkan bug.

2. Siapkan dokumen yang sangat lengkap

Laravel muncul sebagai platform yang matang dengan dokumentasi lengkap. Tidak hanya mudah untuk dikodekan, tetapi juga penting untuk memberikan instruksi yang lengkap. Semuanya ada di dokumentasi Laravel. Sebagai solusi satu atap, semua jawaban ada dalam satu dokumen. Dari instalasi Laravel dasar hingga eksekusi proyek.

Dokumentasi yang ditampilkan juga berdasarkan versi Laravel terbaru yang selalu dirilis. Jadi sangat berguna bagi mereka yang baru mengenal Laravel.

3. Mendukung arsitektur MVC

Arsitektur MVC terkait dengan kebutuhan situs web modern. MVC adalah desain arsitektur yang membagi aplikasi menjadi tiga bagian, Model-View-Controller. Ini membuat pengembangan situs web lebih cepat, lebih fleksibel, dan lebih cocok untuk SEO.

MVC memungkinkan pengembang backend dan frontend bekerja secara paralel. Pengembang front-end bebas mengubah tampilan kapan saja tanpa menunggu logika back-end selesai. Akibatnya, proyek selesai lebih cepat.Selain itu, MVC memiliki kontrol penuh atas pengembangan halaman web dan URL. Oleh karena itu, ini membantu untuk meningkatkan SEO situs web Anda.

4. Percepat kinerja dengan sintaks yang elegan

Laravel menyediakan sintaks elegan yang menghemat waktu pengembang membangun web. Pengembang membutuhkan SQL minimal untuk mengelola database mereka. Semakin efisien kode yang Anda gunakan, semakin cepat Anda mendapatkan hasilnya.

Misalnya menghapus data dari database. Pengembang biasanya perlu mengetahui SQL untuk menghapus catatan.
$sql = "DELETE FROM STUDENTS WHERE id=1"
Laravel memungkinkan pengembang untuk menggunakan sintaks PHP secara langsung, seperti:
use App\Models\Students;
$students = Students::find(1);
$students -> delete();
Jauh lebih mudah, bukan?

5. Anda dapat menjalankan perintah dengan cepat

Saat menjalankan Laravel, pengembang menggunakan Artisan. Artisan adalah antarmuka baris perintah (CLI) untuk memasukkan perintah dengan cepat dan mudah.

Karena itu, pengembang tidak perlu mengklik sebanyak ini. Cukup masukkan perintah sesuai kebutuhan. Misalnya menjalankan aplikasi. Cukup gunakan PHPArtisanServe.

$ php artisan serve

dengan begitu anda dapat mengakses aplikasi yang anda buat pada web browser anda dengan menggunakan ip address:port/routeanda , Lebih baik lagi, Laravel secara otomatis memperbarui tampilan. Ini karena Laravel menggunakan cache. Pengembang tidak perlu membuang waktu menjalankan program mereka dari awal.

6. Membuat pengembangan web lebih mudah

Mengembangkan situs web Laravel relatif mudah. Cukup instal paket untuk menambahkan berbagai fitur yang Anda butuhkan.

Laravel sendiri menawarkan berbagai paket default (Breeze, Cashier, Dusk, dll). Namun, pengembang bebas menambahkan paket dari vendor lain. Misalnya, CodeCanyon, Packalyst, Spati. Website ini juga memiliki fungsionalitas lengkap seperti sistem otentikasi, sistem kasir dan ekspor data ke Excel.

7. Buat template ringan dengan mudah dan cepat

Laravel menyediakan Blade, sistem template yang sederhana dan kuat untuk membangun frontend. Di sini, pengembang dapat membangun antarmuka web menggunakan HTML, CSS, Vue.js, dan banyak lagi.

Menariknya, kodenya lebih sederhana dan efisien, yang membuat template web lebih ringan. Selain itu, Blade menggunakan sistem caching. Perubahan sintaks dapat ditangani secara langsung tanpa memuat ulang, sehingga tampilan akan segera menampilkan hasilnya.

8. Pindah Tangan Dengan Mudah

Laravel memiliki sistem "warisan" yang sederhana. Jika proyek dipindahkan ke pengembang lain, seluruh database kumpulan data untuk menghasilkan informasi spesifik akan diwariskan secara praktis dan cepat.

Menggunakan perintah PHP Artisan Migrate, pengembang mengantongi database yang sama dengan pengembang sebelumnya. Dengan begitu, proyek akan berjalan lancar meski ada pergantian developer.

9. Menjanjikan sistem keamanan yang ketat

Pengembang biasanya menyimpan proyek mereka di Github. Meski praktis, tentu ada risiko diretas. Terutama ketika perlindungan proyek lemah. Tetapi dengan Laravel, seluruh database dan konten aplikasi bukanlah ancaman. ko bisa?

Laravel menyimpan konfigurasi proyek Anda di file .env sistem Anda. Saat proyek dipublikasikan, informasi sensitif dalam file tidak dipublikasikan. Oleh karena itu, aplikasi dan database aman dan laravel juga mempersulit hacker untuk melakukan SQL injection. Semua kata sandi di-hash / dienkripsi dan tidak dapat dibaca.

10. Komunitas besar dan aktif

Pengembang mungkin tidak dapat mengandalkan diri mereka sendiri untuk mengerjakan proyek mereka. Oleh karena itu, Anda memerlukan komunitas seperti Laravel.io sebagai panggilan darurat.

Dengan lebih dari 40.000 “artisan”, komunitas ini adalah portal tepercaya untuk berbagi solusi, koneksi, dan wawasan baru.

Apa yang harus saya ingat ketika menjalankan proyek Laravel?

1. Tidak diperlukan perangkat canggih

Laptop dengan spesifikasi tinggi bukanlah prioritas saat menjalankan Laravel. Kerangka kerja ini tidak terlalu mengganggu Anda dengan spesifikasi.Apakah spesifikasi laptop Anda di bawah atau lebih baik?

  • RAM minimal 2 GB;
  • HDD atau SSD;
  • OS Windows, Linux, atau macOS.
  • Jika demikian, itu berarti proyek Laravel Anda dapat berjalan dengan lancar.

2. Gunakan editor PHP yang bagus

Laravel tidak membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi, namun tentunya perlu diimbangi dengan editor PHP yang baik. Editor PHP yang baik menghemat waktu dan menghadirkan fitur hebat yang memudahkan pengembang untuk bekerja. anda bisa memilih code editor yang cocok dengan anda, anda bisa menggunakan VSCode,Sublime dan sebagainya yang cocok dengan keinginan anda.

3. Ikuti pembaruan Laravel

Laravel sangat antusias merilis update versi terbaru. Meski tidak jarang, versi ini menawarkan berbagai fitur baru dan perubahan kelas. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol informasi Laravel Anda untuk mencegah kesalahan saat pengkodean atau saat pengguna mengunjungi situs web Anda.

Misalnya, Laravel 8 memiliki Laravel Jetstream. Ekosistem baru ini memungkinkan proyek memiliki sistem sertifikasi yang lebih baik. Selain itu, ada sintaks lama yang tidak lagi tersedia. Misalnya, model kelas pabrik.

Versi sebelumnya:
factory(User::class, 20)->create();
Versi sekarang:
User::factory()->count(20)->create();

4. Deploy ke hosting yang sesuai

Setelah proyek situs web Laravel Anda selesai secara lokal, terapkan untuk akses publik. Oleh karena itu, agar situs web berfungsi dengan baik secara online, ini bukan hanya tentang memilih server. Pastikan spesifikasi berikut terpenuhi.

  • PHP >= 7.3;
  • BCMath PHP Extension;
  • Ctype PHP Extension;
  • Fileinfo PHP Extension;
  • JSON PHP Extension;
  • Mbstring PHP Extension;
  • OpenSSL PHP Extension;
  • PDO PHP Extension;
  • Tokenizer PHP Extension;
  • XML PHP Extension.

Setelah spesifikasi server terpenuhi, pilih layanan hosting yang sesuai untuk proyek Anda. Tujuannya adalah untuk memiliki akses penuh 24 jam sehari dan tidak terlambat. Apa pilihan hosting Anda?

  • Shared Hosting : Jenis hosting yang berbagi server dengan pengguna lain.
  • Cloud Hosting : Jenis hosting yang menyimpan data di beberapa server. Jika satu server mati, yang lain akan membantu.
  • Cloud VPS : Jenis hosting di mana satu server digunakan oleh beberapa situs web sekaligus, tetapi dengan sumber daya khusus. Ini berarti bahwa situs web Anda tidak terpengaruh oleh masalah dengan situs web lain.

Untuk proyek Laravel, kami sarankan untuk memilih hosting awan, yang menawarkan kombinasi kinerja dan pengelolaan yang sangat baik.

Informasi penting! Laravel tentu bisa berjalan di shared hosting, namun performanya kurang efisien dan aman karena servernya dipakai bersama. Kami merekomendasikan penggunaan cloud hosting atau cloud VPS untuk proyek Laravel Anda.

Laravel, salah satu kunci masa depan situs web modern

Laravel adalah kerangka kerja PHP yang semakin menuntut. Karena framework ini dapat memenuhi kebutuhan website modern yang membutuhkan kecepatan, keamanan, dan fleksibilitas dalam mengubah komponen-komponen di dalamnya.

Laravel tidak hanya menguntungkan perusahaan, tetapi juga menghancurkan para pengembang. Kemampuannya memudahkan pengembang untuk membangun web ringan dengan sistem keamanan tingkat lanjut.

Namun, mengandalkan kerangka saja belum cukup. Untuk memaksimalkan kinerja Laravel Web, Anda memerlukan dukungan dari layanan hosting yang tepat. Dan cloud hosting adalah jawabannya.

0 Response to "Framework Laravel Lebih Diminati Karena Developer Friendly"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel