Cara Install Linter Dan Cara Menggunakan Linter Untuk Debugging - CRUDPRO

Cara Install Linter Dan Cara Menggunakan Linter Untuk Debugging

Linter merupakan salah satu tool/program yang lakukan pengujian pada code program, baik error atau warning atau lain yang lain. Secara default, bila anda melakukan coding script misalnya Javascript dengan memakai SublimeText, tidak memperoleh info apapun sepanjang lakukan coding. Anda akan ketahui bila ada error sesudah anda cobanya langsung di browser.

Bila proyek Javascript yang anda lakukan termasuk kecil, ini kemungkinan tidak begitu memiliki masalah. Namun pikirkan bila ini terjadi terus adan proyek anda semakin bertambah besar. Rasanya ini kebanyakan habiskan waktu, tenaga dan pemikiran. Nach, alangkah nikmatnya bila error dan sebagainya itu diperlihatkan langsung di saat kita coding.

Banyak tersedia plugin linter di SublimeText. Salah satunya plugin linter yang paling terkenal di SublimeText ialah SublimeLinter. Berikut ialah langkah untuk meng-install SublimeLinter dan plugin tambahan yang lain.

Caranya sangat mudah, Membuka Package Control dengan tombol Ctrl Shift p selanjutnya tuliskan Package Control, atau lewat menu Preferences>Package Control. Selanjutnya tentukan Install Package. Package Kontrol selanjutnya akan lakukan semacam query ke repositories . Maka, nantikan saja sepanjang sesaat.

Maka ada daftar plugin-plugin yang bisa di-install. Catat SublimeLinter, maka ada plugin-plugin yang mempunyai nama SublimeLinter. Tentukan plugin seperti kelihatan pada gambar di bawah. Selanjutnya pencet tombol enter untuk meng-install package itu. Nantikan sepanjang sesaat.

Sampai di sini karena itu SublimeLinter telah terinstall secara baik. Namun ini masih belum selesai. SublimeLinter ini hanya sebagai plugin khusus atau framework untuk linter detil yang lain. Seterusnya, anda harus meng-install linter-linter khusus yang sesuai tipe file anda.

Linter untuk JavaScript

Ada beberapa Javascript linter yang ada, satu diantaranya ialah SublimeLinter-jshint. Berikut ialah meng-install SublimeLinter-jshint.

  1. Yakinkan computer anda telah terinstall Node.js dan npm. Bila belum, silakan anda membaca artikel mengenai Apa dan bagaimanakah cara meng-install Node.js dan npm.
  2. Install jshint dengan tuliskan dan jalankan perintah ini di terminal/cmd.
npm install -g jshint
Bila anda memakai Linux, kemungkinan anda membutuhkan akses admin dengan sudo
sudo npm install -g jshint

Ini karena patokan -g yang maknanya module/program jshint itu akan terinstall di global. Install SublimeLinter-jshint dengan memakai Package Kontrol. Silakan anda mencari package yang namanya SublimeLinter-jshint, selanjutnya install.

Bila semua berjalan mulus, karena itu Javascript Linter siap untuk dipakai. Membuka file Javascript anda, karena itu linter akan berjalan secara automatis yang hendak munculkan status warna. Merah bila terjadi error. Kuning bila ada peringatan/warning.

Linter untuk CSS

Serupa dengan JavascriptLinter sebelumya, salah satunya plugin CSS Linter yang ada ialah SublimeLinter-csslint. Plugin ini tergantung pada program csslint yang bisa diinstal dengan Node.js.

  1. Oleh karenanya, pertama kali silakan install csslint dengan memakai npm.
  2. npm install -g csslint
    
    Sama dengan awalnya, tambah sudo bila perlu.
  3. Kemudian, silakan install plugin SublimeLinter-csslint dengan memakai Package Kontrol.
  4. Membuka file css yang anda harapkan, karena itu csslint akan lakukan linter secara automatis.

Linter untuk HTML

Salah satunya HTML linter yang ada ialah SublimeLinter-html-tidy (https://packagecontrol.io/packages/SublimeLinter-html-tidy). Sesuai namanya, linter ini memakai/tergantung program tidy.

  1. Install tidy. Program tidy ini telah ada untuk Linux, Mac dan Windows.
  2. Mac OS X

    Umumnya tidy telah terinstall, jadi tak perlu diinstall lagi .

    Linux

    Tidy telah ada dihampir semua distro, hingga langkah termudah untuk meng-install tidy dengan memakai package manajer. Misalnya di Debian dan turunannya (Ubuntu) dengan memakai apt.

    sudo apt-get install tidy
    

    Windows

    Unduh file setting/binary tiny di: https://www.paehl.com/open_source/?HTML_Tidy_for_Windows selanjutnya install sampai usai.

  3. Install plugin SublimeLinter-html-tidy
  4. buka file HTML untuk lihat hasil nya.

Linter untuk PHP

Salah satunya plugin php linter yang ada dan benar-benar gampang untuk diinstal ialah SublimeLinter-php

  1. Yakinkan anda telah meng-install php
  2. Pada keadaan normal, php akan teridentifikasi dalam PATH, hingga dapat segera diundang dari terminal/cmd. Untuk memeriksa apa php telah terinstall secara benar, silakan lakukan perintah ini :
php --version

jika sudah terinstal, maka akan terlihat seperti gambar di atas jika belum menginstall maka lakukan install php terlebih dahulu

  • Install plugin SublimeLinter-php.
  • buka file php dan lihat hasilnya
  • Ringkasan

    Linter benar-benar bermanfaat dan menolong dalam menambahkan kecepatan dan kurangi kekeliruan sepanjang coding. Selainnya plugin-plugin linter di atas, pasti ada banyak linter-linter lain untuk bahasa-bahasa lainnya juga, misalnya python, java, ruby dan sebagainya. Demikian panduan/trick ini kali, mudah-mudahan yang sedikit ini berguna.

    0 Response to "Cara Install Linter Dan Cara Menggunakan Linter Untuk Debugging "

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel