Belajar Pemrograman OOP PHP Part 1 - Apa Itu Pemrograman Berbasis Objek - CRUDPRO

Belajar Pemrograman OOP PHP Part 1 - Apa Itu Pemrograman Berbasis Objek

Panduan Belajar OOP PHP Part 1 - Apa Itu Pemrograman Berbasis Objek

Apabila kamu sudah terbiasa membuat program secara prosedural, dengan menulis beberapa program dari baris pertama s/d baris paling akhir secara berurutan, rancangan pemrograman berbasis objek ini jadi hal baru yang paling menarik untuk dipelajari.

Pengertian OOP (Object Oriented Programming)

Object Oriented Programming (OOP) merupakan salah satu tata cara membuat program (programming paradigm) dengan menggunakan konsep "objek" yang mempunyai data (atribut yang menerangkan tentang objek) dan prosedur (fungsi) yang dikenal dengan method. Wikipedia - Object Oriented Programming (OOP)

Dalam artian sederhananya Object Oriented Programming (OOP) yaitu konsep membuat kode program dengan memecah permasalahan menggunakan objek.

Objek bisa diumpamakan sebagai 'fungsi khusus' yang mampu berdiri sendiri. Untuk membuat satu app, yang dimana berbagai objek akan saling bertukar data demi mencapai hasil akhir.

Berbeda dengan halnya konsep fungsional di dalam programming, sebuah objek bisa mempunyai data dan fungsi - fungsi tersendiri. Setiap objek ditujukan untuk melakukan tugasnya masing - masing, sehingga dapat menghasilkan nilai akhir dan selanjutnya dapat ditampilkan dan digunakan oleh objek - objek yang lainnya.

Fungsi PHP OOP (Object Oriented Programming)

PHP merupakan bahasa pemrograman yang murni berbasis objek seperti pemrograman lainnya yaitu Java. Bahkan, konsep OOP (Object Oriented Programming) dalam pemrograman PHP baru hadir dalam PHP versi 4, dan disempurnakan dengan PHP versi 5. OOP (Object Oriented Programming) di PHP merupakan fitur tambahan. Kamu tetap bisa membuat website menggunakan pemrograman PHP tanpa menggunakan objek sama sekali.

Dalam studi programming, pembuatan kode sumber program tanpa menggunakan objek disebut dengan pemrograman prosedural (Procedural Programming) atau fungsional pemrograman. Dikenal pemrograman prosedural karena programmer memecah kode sumber program menjadi bagian - bagian atau fungsi - fungsi kecil, lalu menyatukannya supaya menghasilkan nilai akhir.

Dengan membuat kode sumber program dengan cara prosedural, aplikasi bisa dibuat dengan cepat dan mudah sekali untuk dipelajari jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis objek (bagi kamu yang pernah mempelajari pemrograman Java, tentu telah melewati phase - phase seperti ini).

Keuntungan pemrograman berbasis objek baru terasa ketika program tersebut telah besar atau kita bekerja dengan tim untuk membagi - bagi tugas. Konsep ‘objek’ untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri akan memudahkan dalam membuat program.

Sebagai web programmer, OOP (Object Oriented Programming) adalah salah satu hal yang paling wajib. Pembuatan website modern sekarang akan lebih mudah jika memakai template kode program yang dikenal sebagai Framework. Daripada kita membuat website mulai dari awal, menggunakan Framework akan mempercepat proses kerja. Dan, Framework PHP bisa semuanya dibuat menggunakan OOP (Object Oriented Programming).

0 Response to "Belajar Pemrograman OOP PHP Part 1 - Apa Itu Pemrograman Berbasis Objek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel