Cara Paling Mudah Mencari Kerentanan Website - CRUDPRO

Cara Paling Mudah Mencari Kerentanan Website

Cara Paling Mudah Mencari Kerentanan Website

Jadi orang yang mengelola web, Anda perlu ketahui bagaimanakah cara cari celah keamanan web.

Karena keamanan web penting dan harus jadi fokus utama khusus, ingin sebaik apa saja tampilan web Anda bila dari segi keamanan benar-benar kurang kuat, bagaimana pengunjung bersedia mengunjungi web Anda?

Dari jumlahnya pengurus web, kemungkinan ada banyak orang yang belum mengetahui langkah ketahui celah keamanan web mereka.

Cari celah keamanan web bisa membantu Anda untuk ketahui apa web sudah disusupi malware, atau pencurian data.

Lantas bagaimanakah langkah cari celah keamanan web? Beberapa langkahnya tidak sesusah yang Anda pikirkan, dan kami akan mengulasnya untuk Anda, pastika membaca artikel ini sampai usai ya...

Seberapa Pentingkah Keamanan Web ?

Jika web dianalogikan sebuah rumah, tentu pemilik rumah ingin membuat rumah mereka aman dari semua teror keamanan, misalkan dengan membuat pagar tinggi, memasangkan terali setiap jendela dan pintu, memasangkan CCTV, dan lain-lain.

Karena di rumah tentu banyak barang bernilai yang selalu ingin dijaga supaya tidak diambil oleh maling.

Sama seperti sebuah web, pemilik atau pengurusnya harus mengusahakan keamanan web mereka.

Karena bila tidak, karena itu beberapa data penting yang tersimpan bisa diambil oleh cracker, disamping itu dapat mempengaruhi rangking di mesin penelusuran.

Web berperan sebagai media branding sebuah perusahaan, lembaga, atau pribadi.

Pikirkan bila web Anda banyak memiliki vulnerability "kelemahan" dalam soal keamanan, reputasi Anda akan turun karena hanya web Anda bermasalah.

Disamping itu, semua optimasi yang telah Anda kerjakan bisa punya pengaruh jika web Anda miliki rawan pada beragam teror.

Dengan kata lain, celah keamanan web dapat menjadi gerbang kehancuran sebuah web.

Dari kedua contoh faktor reputasi dan optimasi saja dapat diambil kesimpulan jika keamanan web penting karena seperti pondasi khusus dalam membuat website.

Cara Cari Celah Keamanan Web

Bagian yang terpenting dalam artikel ini ialah cara cari celah keamanan web, dan berikut penjelasannya:

1. Cari Celah Keamanan Web WordPress

WordPress sekarang ini memimpin ekosistem CMS, pasti pemilik web yang memakai CMS ini banyak, khususnya di Indonesia.

Pasti makin tingginya pemakaian CMS ini, makin bertambah juga teror yang perlu dicurigai, satu diantaranya yakni memakai sebuah tool namanya WPScan.

WPScan ialah tool yang mempunyai nilai efektivitas yang tinggi dan dapat Anda pakai untuk mengecek web Anda.

WPScan ini mempunyai kekuatan untuk mengetahui versi WordPress, brute force attack, open direktori yang rawan, dan mendeteksi semua plugin yang terpasang.

Tool ini mempunyai modul terpisah pada Kali Linux dan beberapa komponen pentest yang lain.

Disamping itu, Anda dapat memakai Docker Hub Version sebagai alternatif WPScan.

2. Mencari Celah Keamanan Web Joomla

Joomla ialah CMS terkenal selainnya WordPress yang lumayan banyak digunakan oleh orang-orang.

Langkah cari celah keamanan web Joomla ini ialah memakai tool yang bernama JoomScan.

Tool ini dibuat oleh beberapa peneliti di Open Web Application Security Proyek (OWASP), dan benar-benar serupa dengan WPScan, cuma saya tidak mempunyai feature sebanyak WPScan.

JoomScan memberikan dukungan scanning secara agresif pada komponen web dan hasilnya bisa meliputi versi CMS yang digunakan, dan celah keamanan yang dimiliki web.

Semua link yang ke arah ke gempuran web dengan menyusup Anda akan dihapus secara langsung.

Tool ini tidak bisa melakukan brute force pada dashboard admin Joomla, untuk melakukannya, Anda harus ‘bekerja sama' dengan beberapa macam proxy server.

Itulah kenapa banyak website yang berbasis Joomla menggunakan plugin yang memiliki efektivitas tinggi, bernama Brute Force Stop yang berfungsi memblokir alamat IP yang tidak berhasil lakukan autentikasi sekitar batasan yang sudah ditetapkan.

Tetapi, bila web Anda masih menggunakan HTTP, coba untuk menjalankan script Nmap untuk melihat berapa web kuat menahan brute force attack.

Perkuatlah sistem Keamanan Web Anda

Sesudah Anda mengetahui langkah mencari celah keamanan web, cara selanjutnya ialah memperkuat keamanan web Anda.

  • Memasang pembaruan keamanan terbaru-apabila sistem Anda sediakan versi pembaruan, segera kerjakan penempatan agar memperbaiki semua bug dan celah keamanan yang terjadi pada sistem saat sebelum diperbaharui.
  • Memasangkan firewall-usahakan setiap port memiliki firewall untuk mengamankan trafik jaringan Anda.
  • Memakai SFTP-SFTP (secure file transfer protocol) sebagai versi FTP yang semakin aman, yang mana tiap file akan ditransfer melalui proses enkripsi terlebih dahulu.
  • Rutin memperbarui CMS-setiap pembaruan versi CMS akan memperkuat pelindungan keamanan dan penambahan beberapa feature untuk mendukung performa web agar optimal.
  • Menggunakan CAPTCHA-CAPTCHA akan bekerja membatasi usaha login yang sudah dilakukan oleh bot, dan komentar spamming yang dilakukan oleh bot.
  • Menggunakan sandi kuat dan aman-Gunakan gabungan angka, huruf, dan simbol dalam atur sandi akses Anda. Makin sulit dan panjang akan makin baik.
  • Batasi upaya login-Batasi akses login untuk menghindari dari gempuran brute force, nanti saat seorang coba masuk dan alami kegagalan sekitar jumlah tertentu, karena itu pemakai itu akan dikunci selama beberapa waktu.
  • Memasangkan Sertifikat SSL-Sertifikat SSL akan mengenkripsi info peka yang dikirim user ke server, atau kebalikannya. Pihak ketiga tidak bisa bisa mengawasi sepanjang proses transfer info peka itu karena ada SSL.

Keamanan web sebagai pondasi dalam sebuah web agar tahan lama.

Saat sebelum pikirkan konten yang nanti berada di web, lihat dulu keamanan web Anda.

Janganlah sampai Anda lupakan keamanan dan pada akhirannya web Anda jadi korban cracker karena mempunyai celah keamanan yang makin parah.

Setelah mempelajari langkah cari celah keamanan web pada artikel ini, mari segera check keamanan web Anda apakah mempunyai celah yang bisa mengancam web anda.

Dan selalu perkuat sistem keamanan website yang anda miliki agar selalu terlindungi dari teror yang dilakukan hacker.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara paling mudah mencari kerentanan website semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel