Mengenal Resources Pada Laravel Nova


Mengenal Resources Pada Laravel Nova - Laravel Nova adalah dasbord administrator yang indah untuk aplikasi Laravel. Tentu saja, fitur utama Nova adalah kemampuan untuk mengelola catatan database Anda menggunakan Eloquent. Nova menyelesaikan ini dengan memungkinkan Anda untuk menentukan "sumber daya" Nova yang sesuai dengan setiap model Eloquent dalam aplikasi Anda.

Mendefinisikan Sumber Daya (Defining Resources)

Secara default, sumber daya Nova disimpan di direktori app / Nova aplikasi Anda. Anda dapat membuat sumber daya baru menggunakan perintah sebagai berikut

$ php artisan nova:resource Post

Properti paling dasar dan mendasar dari sebuah sumber daya adalah properti modelnya. Properti ini memberi tahu Nova model Eloquent mana yang sesuai dengan sumber daya :

/**
 * The model the resource corresponds to.
 *
 * @var string
 */
public static $model = 'App\Post';

Mendaftarkan Sumber Daya (Registering Resources)

Secara default, semua sumber daya dalam direktori app / Nova akan secara otomatis didaftarkan dengan Nova. Anda tidak perlu mendaftarkannya secara manual.

Sebelum sumber daya tersedia dalam dasbor Nova Anda, sumber daya harus terlebih dahulu didaftarkan dengan Nova. Sumber daya biasanya didaftarkan dalam file app / Providers / NovaServiceProvider.php Anda. File ini berisi berbagai konfigurasi dan kode bootstrap yang terkait dengan instalasi Nova Anda.

Seperti disebutkan di atas, Anda tidak diharuskan mendaftarkan sumber daya Anda secara manual; namun, jika Anda memilih untuk melakukannya, Anda dapat melakukannya dengan mengganti metode resources dari NovaServiceProvider Anda.

Ada dua pendekatan untuk mendaftarkan sumber daya secara manual. Anda bisa menggunakan metode resourcesIn untuk menginstruksikan Nova agar mendaftarkan semua sumber daya Nova dalam direktori tertentu. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan metode resources untuk mendaftarkan sumber daya individual secara manual :

<?php

use App\Nova\User;
use App\Nova\Post;

/**
* Register the application's Nova resources.
*
* @return void
*/
protected function resources()
{
    Nova::resourcesIn(app_path('Nova'));

    Nova::resources([
        User::class,
        Post::class,
    ]);
}

Setelah sumber daya Anda terdaftar dengan Nova, sumber daya akan tersedia di bilah sisi Nova:

Jika Anda tidak ingin sumber daya muncul di bilah sisi, Anda bisa mengganti properti displayInNavigation kelas sumber daya Anda :

/**
 * Indicates if the resource should be displayed in the sidebar.
 *
 * @var bool
 */
public static $displayInNavigation = false;

Pengelompokan Sumber Daya (Grouping Resources)

Jika Anda ingin memisahkan sumber daya ke dalam grup bilah sisi yang berbeda, Anda dapat mengganti properti grup kelas sumber daya Anda:

/**
 * The logical group associated with the resource.
 *
 * @var string
 */
public static $group = 'Admin';

Apa Selanjutnya..?

Selanjutnya terserah anda, mau di implementasikan untuk apa.

Sumber Referensi : Dokumentasi Resmi Laravel Nova

0 Response to "Mengenal Resources Pada Laravel Nova"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel